Thursday, June 27, 2013

Washi Ningyo 3D

Jika pernah mendengar kata Washi Ningyo, tentu yang terbayangkan adalah sebuah boneka yang terbentuk dari kertas berbentuk orang-orangan Jepang. Biasanya dibuat menjadi sebagai pembatas buku. tapi, tahukah anda bahwa karya satu ini juga dapat dijadikan sebagai ide bisnis.

Saya pernah mengikuti workshop cara membuat washi ningyo 3 dimensi. Awalnya saya hanya menganggap bahwa, membuat prakarya yang satu ini merupakan kegiatan yang membosankan dan merepotkan. Tetapi ternyata salah, untuk bahan-bahan yang digunakan ternyata tidak semerepotkan seperti yang saya pikirkan, seperti harus menyiapkan bola gabus berukuran kecil, karton, koran, lalu kertas crepe dan kertas bermotif. Lalu di workshop tersebut saya menjadi tahu bahwa washi ningyo juga bisa di jual dengan berbagai variasi harga yang cukup membuat saya kaget adalah, boneka yang memiliki bentuk yang terlihat sederhana ini , bisa dijual hingga ratusan ribu rupiah!

Karena saya penasaran dengan bagaimana membuat boneka yang satu ini, saya mengikuti berbagai instruksi mulai dari membuat badannya dengan , memotong karton sesuai pola yang sudah disediakan, kemudian melipat dan mengeratkannya, mengisinya dengan koran dan tisu untuk menahan boneka agar tidak terjatuh. Kemudian, menggambar pola dan menggunting kertas bercorak untuk bajunya, membuat obi serta pita, hingga pemasangan kepala dan rambut serta aksesorisnya. Cukup merepotkan pada saat harus membuat pola badan dan bajunya, dan pada awalnya saya cukup kewalahan dalam mengikutinya, tetapi pada akhirnya saya bisa membuatnya dan sangat menggemaskan. dan kata senseinya washi ningyo buatan saya termasuk paling bagus dikelas :D

inilah washi ningyo karya saya :

No comments:

Post a Comment