Tuesday, June 25, 2013

Sejarah Komik Jepang (MANGA)

ada yang belum tau apa itu Manga ? pasti udahlah ya, karena pada jaman sekarang Manga sudah sangat terkenal dikalangan anak muda. nah disini saya akan membahas sejarah dari Manga atau Komik Jepang tersebut.. 
Manga, yang kadang kala kita sering mengejanya dengan Ma–Nga, merupakan bahasa Jepang yang diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai komik. sedangkan orang Jepang sendiri mengeja Manga dengan Man–Ga atau Ma–Ng–Ga dan arti harfiah dari kata Manga adalah gambar aneh. mengapa orang indonesia menyebut pelafalan Manga dengan Ma-Nga? menurut yang sudah saya pelajarin dikelas Bunka Taiken karena kalau mereka menyebut Manga dengan Man-Ga suka dipelesetin dengan buah mangga, atau orang awampun yang tidak tau komik jepang disebut manga akan mengira Manga yang disebut dengan Man-Ga itu buah. Manga di Jepang diawali pada jaman Edo, di mana seorang pemahat kayu dan pelukis bernama Katsushika Hokusai (1760 – 1849), menciptakan istilah Hokusai Manga pada serial sketsanya yang berjumlah 15 volume dan diterbitkan pada tahun 1814. Hokusai itu sendiri berasal dari 2 huruf Cina yang memiliki arti gambar manusia untuk menceritakan sesuatu.
Karena pada mulanya komik di Jepang adalah peniruan dari film animasi dari Walt Disney maka saat itu para penggemar komik Jepang adalah anak-anak. Namun pada tahun 1959 mulai diterbitkan dua majalah mingguan untuk anak laki-laki yaitu Shonen Magazine dan Shonen Sunday. Saat itu hiburan untuk anak di Jepang hanyalah komik saja, belum ada anime (sebutan untuk film animasi di Jepang) dan tentu saja belum ada game komputer. Sepuluh tahun kemudian, majalah komik untuk remaja mulai terbit, Manga Action (1967), Young Comic (1967), Play Comic (1968) dan Big Comic (1967). Pembaca komik yang usianya kurang lebih sembilan tahun pada tahun 1959, maka pada saat itu (tahun 1967) mereka telah berumur kurang lebih delapan belas tahun dan telah masuk masa remaja sehingga mereka mau membaca komik yang cocok dengan usia dan selera mereka

Majalah-majalah tersebut sendiri biasanya mempunyai tebal berkisar antara 200 hingga 850 halaman. Sebuah judul manga yang sukses dapat terbit hingga bertahun-tahun seperti / Jojo no Kimyō na Bōken / JoJo's Bizarre Adventure / Misi Rahasia". Umumnya, judul-judul yang sukses dapat diangkat untuk dijadikan dalam bentuk animasi (atau sekarang lebih dikenal dengan istilah ANIME) contohnya adalah seperti Naruto, Bleach, FairyTail dll.




Beberapa manga cerita aslinya bisa diangkat berdasarkan dari novel / visual novel, setelah beberapa lama cerita-cerita dari majalah itu akan dikumpulkan dan dicetak dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut tankōbon (atau kadang dikenal sebagai istilah volume). Komik dalam bentuk ini biasanya dicetak di atas kertas berkualitas tinggi dan berguna buat orang-orang yang tidak atau malas membeli majalah-majalah manga yang terbit mingguan yang memiliki beragam campuran cerita/judul. Dari bentuk tankōbon inilah manga biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain di negara-negara lain seperti Indonesia.

Berikut adalah jenis-jenis yang ada di Manga :
  • Aksi akushon (アクション) : Bercerita tentang pertempuran, perkelahian, atau kekerasan
  • Fantasi fantaji (ファンタジー) : Bercerita tentang benda-benda aneh atau memiliki kekuatan di luar logika, dunia yang tidak terlihat atau lain
  • Historis hisutorikaru (ヒストリカル) : Bercerita tentang sejarah seseorang, benda, ataupun suatu tempat
  • Seni bela diri budo (武道) : Bercerita tentang berbagai seni bela diri
  • Misteri Nazo (謎} : Bercerita tentang sebuah misteri
  • Roman/Percintaan Romansu (ロマンス) : Bercerita tentang percintaan
  • Olahraga Supotsu (スポーツ) : Bercerita tentang berbagai olahraga
  • Supernatural Cho Shizen (超自然) : Orang-orang yang berada dalam manga tersebut memiliki kekuatan di luar logika 

Genre Berdasarkan jenis pembaca :

  • Manga yang khusus ditujukan untuk anak-anak disebut Kodomo (子供) — untuk anak-anak.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk (Wanita) dewasa disebut Josei (女性) (atau redikomi) — wanita.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk dewasa disebut Seinen (青年) — pria.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk perempuan disebut Shojo (少女) — remaja perempuan.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk laki-laki disebut Shonen (少年) — remaja lelaki.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Manga

buku :
Manga Secrets : Intisari Awal Untuk Menciptakan Komik Bergaya Jepang  
 

No comments:

Post a Comment